Sponsored by

Sabtu, 11 November 2017

Paling Banyak Dikeluhkan Masyarakat, Begini Sindiran Pedas Kapolri ke Samsat


Kapolri Jenderal Tito Karnavian sepertinya sudah sangat jengah dengan kelakuan anggotanya di Samsat. Hal ini terbukti dengan banyaknya keluhan masyarakat terkait pelayanan di Samsat.

"Masuk naik Mercy dilayani cepat, pakai sendal jepit mengantre berjam-jam. Jadi kadang dianggap masyarakat masuk Samsat seperti sarang macan seperti serba susah. Kita perlu waktu untuk memperbaiki," ujar dia.

Kapolri juga memuji langkah Kakorlantas Irjen Royke Lumowa yang mulai menerapkan sistem online di Samsat. Menurut Tito, dengan sistem online, diharapkan sekaligus bisa memperbaiki citra di mata masyarakat soal Samsat kepolisian. Tentunya yang utama untuk mempermudah masyarakat, seperti saat membayar pajak kendaraan.

"Ini sejalan dengan yang Pak Presiden inginkan. Bahwa layanan publik betul-betul menyentuh ke bawah. Sekarang zamannya IT dan saya mendorong jajaran kepolisian terus berinovasi, " kata Jenderal Tito saat menghadiri lokakarya "Modernisasi Polantas Sebagai Implementasi Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan" di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (9/11/2017).

Di samping itu, kata Tito, dengan sistem online pelayanan di Samsat juga otomatis membuat kesetaraan pelayanan terhadap masyarakat. Setiap masyarakat memiliki hak yang sama dalam pelayanan.

Samsat Online Baru di Jawa dan Bali

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, Samsat Online se-Jawa dan Bali resmi dibuka. Nantinya Samsat Online juga dibuka di beberapa pulau lagi.

"Ada Samsat Online se-Jawa-Bali, bertahap ya seperti itu. Kemudian Intan atau Intelegence Traffic Analisis itu payung besarnya di bawah ada yang bernama contact center," kata Irjen Royke.

Dia menambahkan, untuk contact center itu berfungsi agar Polantas bisa berhubungan langsung dengan masyarakat tanpa adanya perantara.

Masyarakat bisa memberi info atau meminta informasi seputar peristiwa lalu lintas atau yang terkait dengan pengurusan pajak dan perizinan kendaraan bermotor.

"Apa saja keluhan masyarakat secara cepat bisa diakses dengan aplikasi ini. Dan secara cepat juga kami eksekusi, unit lapangan kami datangi," tutur dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar