Sponsored by

Kamis, 14 Desember 2017

Terlalu Cerewet Soal Palestina, AS Sogok Indonesia dengan 24 Pesawat Tempur


TNI AU mendapatkan bantuan pesawat tempur jenis F-16 tipe C/D dari Amerika Serikat. Diperkirakan 24 pesawat tempur yang dihibahkan ke TNI AU itu dibuat tahun 1990-an dan bisa dipakai hingga 20-an tahun ke depan.

"Pesawat ini buatan 1990-an. Pesawat ini masih bisa dipakai hingga 20 tahun ke depan. Secara umum pesawat bantuan AS ini dalam kondisi baik dan bisa langsung digunakan," ujar Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Samsul Rizal, kepada wartawan, Selasa (12/12/2017).

Samsul mengatakan, meski pesawat yang dihibahkan bekas digunakan Angkatan Udara AS, tetapi sistem avioniknya masih dilengkapi lagi. Tak hanya itu, persenjataannya juga dilengkapi dengan kemampuan yang lebih dari semula.

Samsul mengatakan, hadirnya empat pesawat tempur bantuan AS itu akan memperkuat pertahanan udara Indonesia.

Dari 24 pesawat tempur buatan AS jenis F-16 tipe C dan D yang dihibahkan, 10 pesawat ditempatkan di Lanud Iswahjudi dan 14 pesawat di Lanud Pekanbaru.

Hibah pesawat ini mengundang banyak tanya. Karena terjadi di saat memanasnya konflik Israel - Palestina gara-gara ulah Donald Trump. Banyak pihak yang berkesimpulan jika pesawat-pesawat tersebut diberikan untuk meredam protes Indonesia atas kebijakan Trump. (kmp)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar